Kelebihan Smartphone Android dengan Gorilla Glass

Sebagian besar gadgeter tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah Corning Gorilla Glass, karena hampir semua smartphone, phablet, serta tablet medium level dan kelas premium, bisa dipastikan menggunakan pelindung layar untuk menghindari kemungkinan terjadinya goresan ringan selama pemakaian. Diantara beberapa jenis screen protector yang ada, Corning Gorilla Glass-lah yang paling banyak dipakai. Pertanyaannya, apa sebenarnya Corning Gorilla Glass, dan apa saja keunggulan dari smartphone Android dengan Gorilla Glass?

Sebelum mengenal lebih jauh tentang Corning Gorilla Glass, perlu diketahui bahwa ada 3 jenis pelindung layar lainnya yang juga banyak dipakai untuk melindungi gadget, yaitu: Oleophobic Coating dan Scratch Resistant Glass yang dapat melindungi kaca dari dari minyak atau kotoran dari jari yang menempel, serta tahan terhadap goresan ringan, serta Dragontrail Glass yang fungsinya tidak jauh berbeda namun memiliki kemampuan yang lebih kuat, sehingga tidak hanya sekedar tahan terhadap goresan, tapi juga tahan dari benturan yang cukup keras. Bahkan Asahi Glass yang memproduksi Dragontrail Glass mengklaim bahwa produknya yang memiliki ketebalan kaca 1 mm memiliki kemampuan untuk menahan beban hingga 60 kg tanpa mengalami retak maupun pecah.

Cukup banyak produk smartphone maupun tablet yang menggunakan ketiga jenis pelindung layar tersebut, untuk produk kelas menengah diantaranya adalah: Samsung Galaxy Nexus I9250, Samsung I9103 Galaxy R, Samsung Google Nexus S, Sony Xperia Tablet S., Sony Ericsson Xperia Neo, Sony Ericsson Live with Walkman, Sony Ericsson Xperia X10 mini, Sony Xperia Z,  Sony Ericsson Xperia Active, dan Xiaomi MI2.

Meski hingga kini belum pernah ada penelitian secara khusus tentang prosentase penggunaan screen protector dari merek tertentu pada gadget, namun dengan melihat produk gadget secara keseluruhan yang menggunakan pelindung layar, ketiga screen protector tersebut masih berada di bawah Corning Gorilla Glass dari sisi banyaknya merek dan jenis gadget yang menggunakan.

Smartphone Android dengan Gorilla Glass, bahkan tidak hanya disematkan pada smartphone kelas menengah ke atas, tapi juga dapat ditemui pada beberapa smartphone entry level dengan kisaran harga Rp. 1 juta – Rp. 2 juta, seperti: Asus Zenfone 4, Xiaomi Redmi 1s, LG L40,LG L70, serta yang lain.

Mengenal Gorilla Glass 4 

Corning Gorilla Glass sebagaimana disebutkan di atas merupakan pelindung layar gadget terhadap berbagai jenis gangguan dari luar, mulai dari gangguan debu dan minyak, goresan ringan, benturan keras, sampai dengan anti-air. Teknologi ini dikembangkan oleh “Corning”, sebuah perusahaan manufaktur yang berbasis di Amerika, tepatnya di Harrodsburg, Kentucky dan di Shizuoka Jepang.

Gorilla Glass terdiri atas dua jenis, yaitu: Corning Gorilla Glass Scratch Resistant dan Corning Gorilla Glass Waterproof. Sesuai dengan namanya, Corning Gorilla Glass Scratch Resistant memiliki keunggulan utama dalam memberikan perlindungan terhadap goresan dan benturan, sedang Corning Gorilla Glass Waterproof fungsi utamanya adalah melindungi smartphone dari air, sehingga smartphone yang dilindungi Corning Gorilla Glass Waterproof akan tahan saat dipakai di bawah guyuran air hujan, bahkan ada yang dapat bertahan saat terendam di dalam air pada kedalaman tertentu.

Semakin meningkatnya jumlah permintaan dari para vendor gadget terhadap produk pelindung layar yang satu ini, membuat Corning terus melakukan inovasi dengan meningkatkan kualitas produknya, sehingga Gorilla Glass pun terus bermetamorfosa dari Gorilla Glass 1, 2, 3 hingga produk yang terbaru Corning Gorilla Glass 4.

corning-gorilla-glass-4

Smartphone Android dengan Gorilla Glass dijamin aman dari goresan dan selalu terlihat mulus karena bahan yang digunakan mudah dibersihkan. Untuk generasi pertama, Gorilla Glass yang melapisi layar memiliki ketebalan 0,5 mm – 2 mm. Meskipun melapisi layar dan touchscreen, namun layar yang dilindungi sedikitpun tidak akan berkurang daya responnya, sehingga tetap nyaman saat digunakan.

Corning mengklaim bahwa bahan yang digunakan pada produk buatannya tidak membahayakan lingkungan, karena tidak terbuat dari bahan besi berat. Sejak pertama kali diluncurkan, Gorilla Glass 1 initelah dipakai oleh 20 lebih merek ternama dan digunakan pada berbagai jenis perangkat elektronik dari 200 juta lebih tipe. Beberapa smartphone yang menggunakan Gorilla Glass 1 ini diantaranya adalah: HTC Desire S., LG Optimus L7, Samsung Galaxy S dan Samsung Galaxy S II.

Sukses dengan generasi pertamanya, Corning melanjutkan inovasinya dengan meluncurkan Gorilla Glass 2 yang memiliki ketahanan sama namun dengan mengurangi ketebalan sebesar 20 persen. Dengan ukuran yang lebih tipis, membuat para vendor elektronik dapat lebih leluasa dalam membuat device yang lebih tipis dengan sensitifitas touchscreen yang lebih sempurna tanpa mengurangi kualitas ketahanannya.

Untuk memastikan kekuatan produk buatannya, pada saat itu Corning melakukan uji coba dengan menggunakan peralatan khusus,dan Gorilla Glass 2 terbukti mampu menahan benturan atau tekanan sampai dengan 120 pond atau 54,43 kg, tanpa mengalami kerusakan. Beberapa smartphone yang menggunakan Gorilla Glass 2 ini diantaranya adalah: Samsung I9300 Galaxy S III, Motorola RAZR M, HTC One, dan Oppo Find 5.

Generasi ketiga Gorilla Glass lebih dahsyat lagi, karena kemampuannya dalam menahan goresan hingga 3 kali lipat dibanding Gorilla Glass 2. Disamping itu goresan yang terjadi pada layar yang berlapis Gorilla Glass 3 akan dapat direduksi sehingga terlihat lebih halus sampai dengan 40 persen dibanding generasi sebelumnya, lewat sebuah fitur yang bernama Never Damage Resistance, yang memungkinkan layar smartphone tetap utuh  dan tetap halus, meskipun terjatuh. Smartphone yang menggunakan Gorilla Glass 3 ini adalah Samsung Galaxy S4.

Lantas bagaimana dengan keunggulan dari smartphone Android dengan Gorilla Glass 4?

Smartphone yang Menggunakan Gorilla Glass 4 

Meski Corning telah meluncurkan Gorilla Glass 4 sejak 9 Desember 2014 di Amerika Serikat, namun masih belum banyak smartphone maupun tablet flagship yang menggunakannya. Salah satu dari yang sedikit tersebut adalah Samsung Galaxy ALPHA. Dengan memperhatikan secara seksama smarphone besutan pabrikan dari Korea Selatan tersebut, kita akan langsung tahu, bahwa keunggulan dari Gorilla Glass 4 dibanding generasi sebelumnya adalah ketebalannya yang semakin tipis. Itu sebabnya Samsung Galaxy ALPHA memiliki ketebalan hanya 6,7 mm, bandingkan dengan iPhone 6 yang memiliki ketebalan 6,99 mm.

Corning-Gorilla-Glass-4 (1)

Tidak salah, Gorilla Glass 4 memang memiliki ukuran yang lebih tipis dibanding 3 produk Corning sebelumnya, yakni 0,4 mm – 1,0 mm. Dengan rentang ukuran tersebut, vendor dapat memilih Gorilla Glass 4 ukuran berapa yang paling sesuai dengan gadget yang akan mereka produksi.

Untuk tingkat ketahannya, teknologi terbaru besutan Corning ini juga lebih mumpuni, karena tidak hanya member perlindungan terhadap goresan dan gesekan saja, tapi juga melindungi smartphone dari risiko retak akibat terjatuh dari ketinggian penggunaan normal, yakni sekitar 1 meter dari atas permukaan tanah pada bidang yang kasar dan keras, seperti beton dan aspal.

Berikut ini daftar smartphone yang sudah dilengkapi pelapis anti gores gorilla glass 4:

  1. Samsung Galaxy Alpha
  2. Asus Zenfone 2 Laser
  3. Asus Zenfone Selfie
  4. Asus Zenfone Max ZC550KL
  5. Obi Worldphone SF1
  6. Samsung Galaxy S6 edge
  7. Samsung Galaxy S7
  8. Samsung Galaxy S7 Edge
  9. Samsung Galaxy S7 Duos
  10. Samsung Galaxy S7 active
  11. Samsung Galaxy A5 (2016) – A510 (x)
  12. Samsung Galaxy A5 – A500 (x)
  13. Samsung Galaxy Note5
  14. Samsung Galaxy Note 4
  15. Samsung Galaxy A3 (2016) – A310 (x)
  16. Samsung Galaxy A3 – A300 (x)
  17. Samsung Galaxy A8
  18. Samsung Galaxy A9 Pro (2016)
  19. Samsung Galaxy A9 Pro Duos (2016)
  20. Samsung Galaxy E7 – E700x (x)
  21. OnePlus 3
  22. Oppo A37
  23. Oppo F1s
  24. Xiaomi Mi 5
  25. Xiaomi Mi Max
  26. LG G5
  27. LG V10
  28. LG V20
  29. Huawei Nexus 6P
  30. Huawei Mate 8
  31. Motorola Moto Z
  32. Microsoft Lumia 950 XL
  33. Microsoft Lumia 950 XL Dual
  34. BlackBerry Priv
  35. HTC One E9+ – A55

Demikian sedikit penjelasan tentang keunggulan smartphone Android dengan Gorilla Glass, semoga bermanfaat.

bursahape tags:

apa itu gorilla glass; kelebihan gorilla glass; fungsi gorilla glass; kelebihan layar gorilla glass; gorilla glass adalah;
Kelebihan Smartphone Android dengan Gorilla Glass | aida | 4.5